Rabu, 10 Februari 2010

NYALAKAN NYALI…..

Nyali atau keberanian sangat penting dalam menjalani hidup ini. Mengapa? Karena kita punya banyak keinginan! Dan kita butuh keberanian untuk mewujudkan keinginan kita! Kita pun butuh keberanian untuk merealisasikannya. Sebagai manusia tentunya kita ingin selalu menjadi lebih baik dari sebelumnya, tentunya keadaan tersebut kita lakukan dengan melakukan perubahan-perubahandalam diri kita. Akan tetapi yang perlu diingat adalah perubahan-perubahan tersebut adalah perubahan nyata yang kalian lakukan atas dasar dorongan keberanian dalam hati kita untuk membuka pintu keberhasilan.

Apa jadinya bila colonel sanders tidak berani untuk membuka usaha berjualan ayam goreng, dan lebih memilih menikmati masa pensiunnya sebagai seorang tentara veteran? Tentu ia tidak akan sukses membuat perusahaan makanan KFC, yang cabangnya berada di seluruh dunia. Sampai sekarang usahanya masih jalan walau dirinya telah tiada. Apa jadinya bila seorang andrea hirrata, penulis yang selalu menghasilkan novel best seller bila ia tidak berani pergi ke Jakarta, untuk mengenyam pendidikan, maka ia akan pula menjadi seorang kuli timah, seperti saudar-saudarnya di belitong.

Untuk membuat perubahan besar dalam hidup, kita harus punya nyali untuk mengambil resiko yang mungkin kita hadapi. Biarlah kita mengalami haru biru kemenangan walau harus mengalami pahitnya kegagalna, dari pada kita terus terbiasa menjadi orang yang biasa-biasa saja, dengan kebiasaan yang kita lakukan tanpa adanya perubahan besar dalam hidup kita. Memang utuk menjadi manusia yang lebih baik kita harus berani menghadapi segala hal. Bukankah sejak kita lahir kita telah mengalami kompetisi yang berat? Kita berani mengalahkan berjuta-juta sperma yang ada di rahim ibu kita hingga kitalah yang keluar menjadi 'pemenang'.

Kunci untuk menjadi manusia yang sesungguhnya adalah keberanian dalam dirimu. Manusia adalah makhluk tuhan yang diberi berbagai kemampuan dan potensi istimewa yang tidak diberikan kepada mahkluk lainnya. Namun kemampuan itu akan terkunci selamanya bila tidak kita buka dengan kunci keberanian yang kita miliki. Untuk menjadi manusia pemberani, kita harus membiasakan bersikap pemberani walaupun dari hal yang kecil. Hal yang kecil itu misalnya mengangkat tangan pada saat berada di sekolah, seminar, workshop, ataupun kegiatan lainnya.

Sikap berani harus kita pelihara tidak hanya dalam kehidupan pribadi, namun juga dalam kehidupan social. Kita harus tanggap terhadap permasalahan yang dialami teman-teman, ataupu orang-orang disekitar kita. Kita jangan menjadi manusia yang hanya bisa diam, ketika teman kita dianiaya oleh sekelompok orang berandalan, atau menutup mulut ketika kejahatan dimana-mana. Kita hjarus menjadi seorang berani, berani mengambil resiko untuk suatu kebaikan.

Tidak akan merugi seseorang yang menjadi 'pemberani' karena seorang pemberanilah yang mampu mengubah keterbatasan menjadi peluang. Mengubah hal yang biasa menjadi luar biasa, mengubah kejahatan menjadi kebaikan, dan mengubah hal yang tidak mungkin menjadi hal yang mungkin. Selamat berjuang! Wherever you are!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar