Rabu, 10 Februari 2010

tips n trik ''video chat via GPRS''

Layanan video chat sendiri sebernya bukan barang baru. Pasalnya, sudah banyak aplikasi yang dinuat untuk mengakomodasi keperluan ini. Namun, masih belum terlalu popular. Belakangan layanan video chat ini mulai banyak diakomodasi ponsel merk local yang memiliki dua kamera (depan dan belakang).
Tak seperti video call, layanan video chat hanya bisa dinikmati dari ponsel yang memiliki aplikasi khusus, dan hanya menampilkan dialog lewat pesan teks sambil memandang foto lawan bicara tanpa disertai suara.
Salah satu aplikasi video chat yang cukup popular dan banyak digunakan ponsel merk local adalah IMI chat. Di ponsel merk local, aplikasi ini hanya diberi nama 'video chat'. Dan untuk menikmatinya, ponsel target pun harus memiliki aplikasi yang sama.
IMI chat sendiri merupakan aplikasi gratisan bikinan pengembang asal china. Selain digunakan antar ponsel, IMI chat sendiri tersedia pula untuk pc. Soal biaya, video chat ini menggunakan jalur 'two way video' over 2.5G GPRS/EDGE.jadi kelancaran, komunikasinya tetap tergantung jaringan operator.
Nah,,,gimana sih cara penggunannya? Berikut panduan lengkapnya.
Langkah 1
Download aplikasi IMI chat dari http://www.imichat.com/en/support.html. untuk ponsel yang sudah memiliki aplikasi ini bisa langsung menggunakannya.
Langkah 2
Jalankan aplikasi IMI chat, dan selanjutnya tentukan akses point jaringan operator yang digunakan.
Langkah 3
Terkoneksi, kita akan mendapatkan beberapa pilihan menu yang diantaranya 'call' atau panggil dan chat room. Jika kepingin masuk ke room khusus, bisa memilih chat room. di beberapa ponsel ada yang sudah memiliki room khusus pengguna. Di room ini kita bisa ngobrol ngalor-ngidul namun tetap ada yang jadi moderator untuk mengawasi topic chattingan. Kita bisa memantau profile member yang ada di grup ini. Termasuk mengajaknya untuk video chat secara khusus. Namun sebelum memulai komunikasi ada baiknya anda mengatur profile terlebih dulu. Setelah itu baru deh kontak member yang ingin diajak ngobrol secara pribadi.
Langkah 4
Jika ingin langsung video chat dengan orang yang dituju, bisa memilih menu 'call' dan masukkan nomor telepon tujuan yang juga sedang mengaktifkan aplikasi IMI chat > call. Nah, di ponsel penerima akan muncul notifikasi undangan untuk video chat.
Langkah 5
Pilih 'accept' untuk memulai komunikasi berikutnya kita akan mendapatkan kotak dialog khusus di sisi kanan tampilan video sebagai tempat untuk menuliskan pesan chat. Untuk menulis tinggal pilih 'input' dan isikan pesan yang ingin disampaikan > send. Beberapa fasilitas tambahan yang juga disediakan antara lain: merubah orientasi penggunaan kamera ( depan atau belakang), menutup video chat dan pengaturan night scene..
Asik bukan………! Selamat mencoba. ( Pulsa).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar