Rabu, 10 Februari 2010

unLucky (13)

Kalau denger angka 13, pasti kamu udah nganggep itu angka sial, hey udah tau asal usul kenapa angka 13 itu dicap sebagai angka sial belum? Kalau belum mari, menelusuri kenapa angka 13 disebut sebagai angka sial.
Katanya sih, akan lebih sial lagi angka 13 dibarengi dengan hari jumat. Friday the 13th, seperti judul serial horror di televise zaman dulu, mereka yang takut dengan Friday the 13th dikenal dengan sebutan paraskavedekatriaphobia atau friggatriskaidekaphobia. Sedangkan pobia pada angka 13 disebut triskaidekaphobia.
Mitos ini ada kaitannya dengan sejarah masa lalu yang bercerita bahwa tamu ke-13 dalam jamuan makan malam terakhir akhirnya berkhianat kepada jesus. Pada abad pertengahan, jumat bertanggal 13 dianggap tanda kesialan. Ada juga yang bilang kalau mitos ini berasal dari ajaran kuno bernama kabbalah- kepercayaan yang dianut oleh Madonna. Ajaran ini dipelihara sejak dulu oleh bangsa yahudi. Di prancis selatan ajaran ini dibukukan oleh bangsa yahudi, padahal sebelumnya ajaran ini diturunkan secara lisan.
Kaum ini juga senang mengutak-atik angka sampai mereka disebut kaum geometrian. Nah, menurut mereka angka 13 merupakan angka suci yang mempunyai daya magis dan religius, sama seperti angka 11 dan 666. beberapa symbol yang berhubungan dengan kabbalisme,selalu ada angka 13. contohnya kartu tarot yang berjumlah 13. penyisipan angka 13 juga terjadi pada lambang Negara amerika serikat. The seal of united states of America yang terdiri atas dua sisi ( burung elang dan piramida illuminati), banyak angka 13-nya, buktinya, 13 bintang di atas kepala elang membentuk bintang david, 13 garis diperisai atau tameng burung. 13 daun zaitun dikaki kanan burung, 13 butir zaitun yang tersembul di sela-sela daun zaitun, 13 anak panah, 13 bulu diujung anak panah, 13 huruf yang membentuk kalimat'annuit coeptis', 13 huruf yang membentuk kalimat ' e pluribus unum', 13 lapisan batu yang membentuk piramida, 13 x 9 titik yang mengitari bintang david di atas kepala elang. Tapi amerika serikat juga nganggep kalau 13 itu angka sial. Bangunan tinggi di AS, jarang yang masih ada lantai 13.
Banyak rumah sakit yang tidak memiliki kamar bernomor 13, sedangkan banyak gedung bertingkat menamai lantai ke-13 dengan 12A atau melompatinya menjadi lantai 14. bahkan, sejumlah terminal Bandar udara menghilangkan gate 13. fakta lainnya, presiden franklin D. Roosevelt tidak akan melakukan perjalanan pada tanggal 13 setiap bulan dan tidak pernah mengundang 13 orang dalam sebuah jamuan makan. Napoleon dan presiden Herbert Hoover juga penderita triskaidekaphobia, dengan ketakutan yang abnormat terhadap angka 13.
Mark Twain pernah menjadi tamu ke-13 dalam sebuah pesta makan malam. Seorang teman memperingatkannya agar tidak pergi 'memang sial' kata twain kepada sahabatnya itu ''mereka Cuma punya makanan untuk 12 orang'' di paris, orang yang percaya tahkayul dapat menyewa seorang quatorzieme, orang yang berfrofesi sebagai tamu ke-14, dalam acara makan malamnya. Menurut ahli numerology, angka 13 mengalami kesialan karena posisinya setelah 12, sebab 12 dianggap sebagai angka komplet. Angka 12 dapat ditemukan pada 12 bulan dalam setahu, 12 zodiak, 12 dewa Olympus, 12 tugas Hercules, 12 suku Israel, 12 murid yesus, 12 hari natal, dan 12 telur dalam satu lusin.
Kalau kamu gimana? Percaya kalau 13 itu the (un) lucky number nggak?????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar